Sunday, April 11, 2010

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Klaten belum memutuskan untuk membidik kursi wakil bupati Klaten dalam Pilkada 2010 mendatang,

KLATEN—Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Klaten belum memutuskan untuk membidik kursi wakil bupati Klaten dalam Pilkada 2010 mendatang, dengan menempatkan kader internalnya.  Partai tersebut justru tengah mempertimbangkan untuk membentuk poros tengah dengan menghadirkan calon alternatif.
Ketua DPD PKS Klaten, Yudi B Prabawa mengatakan, pengusungan nama kader internal sebagai calon wakil bupati (Cawabub) dalam Pilkada mendatang masih dapat berubah. Pasalnya, pihaknya menilai arah tersebut dinilai masih terlalu dini jika melihat perkembangan politik terkini.
“Memang aspirasi dari partai dan kader seperti itu. Tapi kita lihat situasi politik bisa berubah dan itu bukan merupakan harga mati,” ujarnya, Minggu (28/3).
Yudi mengatakan, strategi politik Parpol tersebut belum juga menemui titik temu terkait Pilkada mendatang. PKS sendiri masih mengonsolidasikan kader dan struktur Parpol tersebut untuk mempertimbangkan tiga langkah politik yang dirasa paling mendekati dalam upaya pemenangan Pilkada mendatang.


Tiga alternatif langkah politik tersebut adalah membina hubungan koalisi dengan PDIP ataukah dengan Partai Golkar. Bahkan kemungkinan membentuk poros tengah dengan mengusung calon alternatif di luar kader partai bakal dipertimbangkan.
“Kami akan jajaki semua peluang-peluang itu. Karena memang telah ada sosok-sosok luar partai yang secara informal mau berkomitmen dengan PKS,” ungkap dia.
Langkah Politik
Terpisah, Sektetaris Tim Pilkada PKS, Pardi mengaku nama-nama kader internal partai telah diajukan rekomendasinya ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) partai itu. Kendati demikian, respons yang diharapkan belum kunjung diterima oleh PKS Klaten.
Pihaknya berharap April mendatang sudah ada instruksi DPW yang diberikan tentang langkah politik yang akan dilakukan. Dia mengakui telah ada dua tokoh berpengaruh di luar PKS yang mengajukan diri untuk siap diusung Parpol itu dalam Pilkada mendatang.
“Ada dua tokoh kuat di kabupaten ini. Dan reputasinya bisa diandalkan,” ujarnya berteka-teki.
PKS Klaten sendiri sebelumnya berencana mengajukan lima nama kader internalnya untuk dicalonkan sebagai Cawabub dalam Pilkada. Mereka adalah Masykuri Nanang Purnawan (Ketua Majelis Pertimbangan Daerah PKS Klaten), Sudibyo (Bendahara PKS dan Wakil Ketua Komisi III DPRD Klaten), dr Yudi B Prabawa (Ketua DPD PKS), M Agung Suryantoro (Bapilu DPD PKS dan Anggota DPRD Klaten Komisi I), dan Marjuki (Bapilu DPD PKS dan Anggota DPRD Klaten Komisi IV). (lim)

0 comments:

Post a Comment

-
-

Powered By Blogger