Wednesday, April 7, 2010

KONDISI RUHIYAH KADER TERHADAP PEMILUKADA 2010

Oleh : Ust. Puji Hartono
Biro Manhaj wal Wasail Kaderisasi DPD PKS Klaten

”Umat Islam ini senantiasa memperjuangkan kebenaran melawan musuh mereka, sampai datanglah putusan Allah atas mereka, yaitu meraih kemenangan” (HR. Bukhori)

Alhamdulillahirabbil ’alamin, washalatu wassalamu ’ala rasulillahil karim, wa ’ala alihi wa shahbihi ajmaniin.

Ikhwah sekalian
Sebuah nasyid bersyair :
”mengarungi samudera kehidupan
Kita ibarat para pengembara
Hidup ini adalah perjuangan
Tiada masa tuk berpangku tangan.......

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT yang masih memberikan perlindungan-Nya terhadap partai dakwah ini dalam memperjuangkan nilai-nilai Al Qur’an dan As Sunnah dengan amal syiyasinya. Hal ini memang seiring dengan do’a-do’a yang dimohonkan oleh para kader dan simpatisan PKS pada setiap harinya dalam Qiyamul Layilnya.


Dengan demikian partai ini sangat diwaspadai oleh mereka-mereka yang tidak senang akan berkembangnya dakwah Islamiyah dengan bentuk politiknya. Pada kenyataannya bahwa dunia politik dijadikan oleh musuh-musuh kebenaran menjadi ladang untuk pelestarian kemaksiatan dan kemungkaran. Mereka para musuh kebenaran takut dengan akan berkembangnya PKS oleh karena kader dan simpatisannya bisa membawa ruh agama kedalam kancah politik. Kader dan simpatisan berpolitik tetapi juga tetap mejaga ibadahnya, tilawah Al Qur’annya selalu jadi lebih baik, Shalat Laiyilnya menjadi lebih rajin, puasa sunnahnya tidak pernah ketinggalan dan lain sebagainya.

Orang-orang semacam inilah yang ditakuti oleh musush-musuh/ pendukung kebathilan karena orang-orang ini memiliki senjata yang ampuh yaitu berupa do’a ”Ad du’a u silahul mukminin (do’a itu senjata orang mukmin). Sebuah senjata yang maha dahsyat, super ampuh yang tidak dimiliki selain orang beriman.

Ikhwahfillah..........
Saya yakin bahwa antum semua yang sampai sekaranag telah ikut bergabung dengan barisan dakwah akan tetap menjadi kekuatan inti laju perkembangan dakwah Islamiyah kedepan. Sebagaimana potongan nasyid diatas, perlu kita fahami bahwa hidup ini adalah perjuangan dan hakikat perjuangan adalah tidak akan pernah berpangku tangan. Dalam jalan dakwah ini akan banyak dijumpai rintangan, hambatan, bahkan fitnah yang datangnya dari berbagai arah.idak menutup kemungkinan dikarenakan jumlah anggota yang semkin gedhe justru hambatan atau fitnah tadi datangnya dari anggota internal sendiri. Hal ini boleh jadi karena mereka ingin segera merasakan hasil dakwah. Sebagaimana Rasulullah SAW memberikan contoh bahwa hasil-hasil dakwah tidak mesti dirasakan oleh para pleaksana dakwah itu sendiri, generasi sesudahnyalah yang akan menikmati hasil sebuah perjalanan dakwah tersebut.
Ikhwan wa akhwati rahimakumullah..............
Salah satu bentuk perjuangan dakwah dalam amal siyasi (politik) adalah para kader dakwah diharapkan sekali untuk mensukseskan proses pemilukada, khususnya kader di daerah. Sehingga mau tidak mau agenda PEMILUKADA seharusnya mendapat perhatian yang serius oleh para kader dakwah.

Lewat Pemilukada inilah akan dihasilkan orang-orang yang akan menduduki pimpinan daerh. Seorang kepala daerah terpilih bisa menggunakan kekuasaannya untuk mengembangkan, memajukan dakwah Islamiyah ke seluruh pelosok daerah secara simultan, sebaliknya bisa juga kalau yang menjadi kepala daerah adalah orang yang tidak senang dengan Islam, maka dengan kekuasaan yang dimilikinya akan senantiasa menghambat, membatasi bahkan menghancurkan pergerakan dakwah itu sendiri. Naudzubillahimindzalik.

Oleh karena begiyu pentingnya Pemilukada menurut hemat kami tidak boleh ada seorang kader dakwah acuh takacuh, ”cuek bebek” terhadap yang namanya Pemilukada dengan alasan bukan pengurus struktural PKS. Untuk bisa menghasilkan kepala derah yang mendukung dakwah atau setidaknya tidak membenci perkembangan dakwah, maka para kader dakwah harus ikut aktif menjadi corong kemenangan bagi calon yang bisa bermanfaat lebih besar bagi dakwah ini.

Ikhwan wa akhwati rahimakumullah.......
Disinilah pentingnya peranan kader untu dapat menjelaskan kepada masyarakat luas akan pentingnya pemimpin yang cinta akan perubahan kearah kebaikan atau pemimpin yang mempunyai kemaslahatan lebih banyak. Oleh sebab itu dalam menjalankan misinya tersebut para kader dakwah harus memahami bahwa :

1. Jalan dakwah tidak bersama orang yang terburu-buru dalam memetik buah dakwah, tetapi juga ia tidak pula bersama orang-orang yang hanya menunggu hasil tapi tidak ikut menanam.

2. Jalan dakwah tidak bersama-sama orang berlebihan, tetapi ia pun tidak bersama orang-orang yang enggan dan tidak berbuat sama sekali.


3. Jalan dakwah ini tidak bersama orang-orang yang mempersulit diri, tetapi ia tidak pula bersama orang-orang yang menganggap enteng dan meremehkan.

Dengan demikian dalam perannya menuntun, mengarahkan masyarakat pada Pemilukada Klaten yang lebih bisa bermaslahaat bagi masyarakat klaten secara lebih luas. Oleh karena yang ikut pemilihan adalah manusia-manusia yang mempunyai hati dan yang namanya hati nurani adalah mesti sesuai dengan Al Qur’an, sehingga InsyaAllah akan mau jika diajak, diarahkan kepada hal-hal yang lebih baik. Dan yang menggerakan hati adalah Allah SWT. Oleh karena itu kader dakwah haruslah dekat dengan Allah SWT Yang Maha membolak-balikan hati setiap insan. Allah-lah yang akan mengerakan hati para pemilih di bilik nantinya.

Disinilah pentingnya Trbiyah Ruhiyahbagi kader dakwah dalam perannya mensukseskan dan memenangkan Pemilukada. Selama ini kita semua sudah ikut tarbiyah di halaqah-halaqah, ada yang bertahun-tahun telah bergabung dengan pola pembinaan kader di PKS ada pula yang masih baru memulai, yang penting bukan lama atau barunya tapi lebih penting adalah kondisi ruhiyah kita selaku kader dakwah.
Bagaimana amalan yaumiyah kita?
Sudah berapa Juz tilawah kita perhari?
Sudah berapa kali Qiyamul Layil kita perpekan?
Sudah berapa ayat tambahan hafalan Qur’an kita? Sudah berapa hadist pula?
Boleh jadi yang menghambat kemenangan dakwah kita adalah kita sendiri sebagai para kader dakwah yang masih jauh dari Tarbiyah uhiyah sebagaimana para sahabat Rasulullah SAW.
Dalam ibadah disamping kuantitas juga sangat perlu diperhatikan pula kualitasnya. Sehingga menstinya semakin banyak amal ibadahnya semakin meningkat pula kualitas keikhlasannya dalam beramal. Terus beramal-beramal dan beramal. Faidza faraghta fanshab wailla rabbika farghab, jika telah selesai amal yang satu dikerjakan maka akan mengerjakan amal-amal yang laian, walaupun ia bukan termasuk jajaran pengurus tetap ilkhlas dalam mendukung bahkan menjadi garda terdepan jika memang diperlukan. Kader itu tidak tidak enggan dan tidak akan pernah menghitung-hitung sudah berapa besar pengorbanannya. Kader itu juga tidak iri pada sebagian kader lain yang karena kesempatan sudah bisa merasakan hasil sebuah dakwah. Ia terus dan terus berjuang dan yakin betul bahwa Allah SWT yang akan menggantinya.

Kader-kader dakwah semacam inilah yang menjadi kader pilihan Allah SWT yang akan meneruskan perjuangan dakwah yang begitu panjang dan melelahkan sekaligus juga menyenangkan. Kader pilihan adalah :

1. Mereka yang tetap bisa bersemangat sementara yang lainnya mulai merasakan kejenuhan, kebosanan dalam dakwah ini. Sehingga tidak ada dalam kamusnya untaian kata-kata ”semangat ya semangat akan ”tetapi”.......

2. Mereka yang selalu mau memilkul beban tanggungjawab smentara yang lainnya sudah mulai hitung-hitungan antara tugas dan hasil yang akan diperoleh. Ia akan tetap berjuang dengan pengorbanan yang tinggi dan penuh keikhlasan dalam melaksanakan tugasnya tersebut


3. Mereka senang mengembangkan potensi diri karena merasa bahwa dakwah ini masih memerlukan kader-kader yang berpotensi yang unggul, yang dapat mengembangkan dakwah sementara yang lainnya sudah malas untuk belajar meningkatkan kemampuan dirinya.

4. Mereka selalu mempunyai inisiatif ketika menjalankan tugas dakwah, karena seringkali antara tugas dilapangan berbeda dengan langkah-langkah yang telah disusun diatas kertas.


Wallahu ’alam, hanya Allah-lah yang memilih kita termasuk kader pilihan atau belum. Tentunya kita bergabung dengan PKS ini terus berikhtiar menjadi kader pilihan. Selamat menyiapkan diri dalam suksesi Pemilukada Klaten 2010

Allahu Akbar.......
Allahu Akbar...........
Walillahilhamdu.

0 comments:

Post a Comment

-
-

Powered By Blogger