Thursday, September 16, 2010

Emma Jones, Terry Jones: Saya Mengutuk Perbuatan Ayah Saya!

Pastor Terry Jones sudah membatalkan rencananya membakar Qur'an di Florida pada hari Sabtu pekan lalu seiring peringatan 11 September. Putrinya, Emma Jones, memohon agar Terry tidak melakukannya. Dalam wawancara dengan SPIEGEL ONLINE, Emma menggambarkan ayahnya adalah orang menjadi korban delusinya sendiri.
Emma, ayah Anda ingin membakar ratusan Qur'an di gereja di Florida pada hari Sabtu kemarin. Apa pendapat Anda tentang rencananya itu?
Saya terkejut dan mengutuk itu. Ketika saya mendengar apa yang ia katakan tentang movitvasinya dalam berbagai wawancara, dia tampak seperti orang asing bagi saya.

Apakah Anda memintanya untuk membatalkannya?
Ya. Saya mengirimnya e-mail. Saya menulis: Papa, jangan lakukan itu. Sebenarnya saya tidak punya kontak dengan dia sejak dia meninggalkan Koln pada tahun 2008. Tapi karena saya pikir rencananya begitu mengerikan, saya memohon dia untuk mempertimbangkan konsekuensinya—bukan hanya untuk dia sendiri, tapi untuk seluruh dunia.
Apakah ia menjawab?
Tidak. Saya saya tidak berpikir ia sudi menjawabnya.
Mengapa ayah Anda melihat Islam sedemikian bencinya?
Hal itu relatif baru. Selama bertahun-tahun ia memimpin sebuah gereja di Cologne, pada awalnya, hanya berorientasi pada Alkitab, tetapi kemudian mulai memiliki unsur-unsur seperti sekte. Tepat sebelum ia meninggalkan Koln pada tahun 2008 dan kembali ke AS, ia mulai mengatakan bahwa Islam sudah berada di atas dan bahwa kita tidak bisa membiarkan hal itu. Tapi saya tidak tumbuh dengan radikalisme ini.
Bagaimana Anda tumbuh dewasa?
Kami dibesarkan dalam rumah yang sangat Kristen. Tapi juga sangat bersosial. Kami menerima kunjungan orang dari seluruh dunia dan terbuka untuk semuanya.
Mantan anggota gereja ayah Anda mengatakan bahwa mereka mendapatkan kekejaman psikologis, dipaksa bekerja, penyimpangan keuangan dan seruan untuk memukul anak-anak mereka sendiri.
Ibu saya, Lisa Jones, meninggal tahun 1996 karena serangan jantung. Tak lama kemudian, ayah saya menikah lagi dan saya meninggalkan gereja pada usia 17. Pada tahun 2005, ia menawarkan pekerjaan sebagai pencatat di perusahaan milik gereja, yang menjual furnitur di eBay.
Saya mendapatkan wawasan baru, dan menyadari bahwa ayah saya mengajarkan beberapa hal dan melakukan hal-hal yang saya tidak pernah temukan sesuai dengan Alkitab sama sekali. Ia menuntut agar orang-orang benar-benar mematuhi dia dan istri keduanya, Sylvia. Keduanya sangat terobsesi dengan kekuasaan. Saya melihat delusi agama. Sebuah indikasi khas sekte. Keduanya ingin mengendalikan segala sesuatu.
Katanya ayah Anda sendiri yang mengulingkan gereja di Cologne?
Ya. Ketika kami mengangkat masalah keuangan gereja, ia menghilang pada hari berikutnya.
Apakah Anda masih terlibat dengan gereja yang ia tinggalkan?
Tidak.
Apakah Anda percaya ayah Anda serius tentang pembakaran Qur'an itu?
Ya. Ayah saya bukan orang yang gampang menyerah. Sebagai putrinya, saya bisa melihat sesuatu yang baik di dalam hatinya. Tapi saya rasa dia memerlukan bantuan.
Apakah ayah Anda seorang megalomaniak?
Saya khawatir begitu. Sebagai putrinya, sulit bagi saya untuk mengatakan itu .
Ada sejumlah pengikut ayah Anda di Gainesville yang berasal dari Jerman. Apakah ayah Anda mengajak sebagian anggota gereja Cologne dengan dia?
Ya. Beberapa pengikutnya pergi bersamanya.
Ayah Anda mengatakan ia akan mempertimbangkan rencananya jika White House menghubungi dirinya secara pribadi.
Saya tidak tahu apa yang terjadi di kepalanya. Saya pikir dia gila. Tapi saya yakin dia berpikir bahwa rencananya benar dan baik. Dia selalu membandingkan dirinya dengan Musa.
Jika Anda tahu bahwa ayah Anda membaca wawancara ini, apa yang akan Anda katakan kepadanya?
Saya ingin katakan bahwa dia membutuhkan bantuan. Bahwa dia berada di jalan yang salah. Tapi ada orang yang mencintainya. Saya sangat berharap bahwa dia sadar. (sa/speigel)

0 comments:

Post a Comment

-
-

Powered By Blogger