Monday, May 31, 2010

Muhammadiyah: Israel Langgar Hukum Kemanusiaan Internasional

Muhammadiyah minta Kemlu segera mengambil langkah cepat menyelamatkan relawan dan wartawan Indonesia

Hidayatullah.com--Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah mengutuk keras serangan pasukan Israel di zona internasional terhadap kapal kemanusiaan yang mengangkut relawan dari seluruh penjuru dunia, dan bantuan logistik untuk masyarakat di jalur Gaza.

"PP Muhammadiyah menjelaskan, bahwa IHH, sebuah LSM advokasi dan kemanusiaan yang berpusat di Istanbul, Turki sebagai penggerak kapal bantuan kemanusiaan untuk menerobos blokade Israel terhadap Gaza tersebut, adalah mitra Muhammadiyah sebagai pendiri dan anggota Humanitarian Forum (HF)," kata Ketua PP Muhammadiyah Sudibyo Markus dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (31/5).

HF, menurut Sudibyo adalah sebuah jaringan kemitraan LSM Kemanusiaan Timur dan Barat, yang terdaftar di Charity Commission of UK and Wales di London.

Muhammadiyah, imbuhnya, sebagai satu-satunya LSM kemanusiaan dari Asia Tenggara sebagai pendiri dan anggota Humanitarian Forum, sangat menghargai inisiatif IHH untuk melakukan terobosan terhadap blokade Israel tersebut. Muhamamdiyah juga mengutuk keras tindakan brutal serdadu Israel yang jelas-jelas melanggar norma dan hukum kemanusiaan internasional.


"Selanjutnya PP Muhammadiyah mengimbau kepada dunia internasional, agar diadakan penyelidikan independen atas kebrutalan Israel tersebut," ujarnya.

PP Muhammadiyah juga meminta Kemlu RI untuk segera mengambil langkah-langkah yang cepat dan tepat untuk menyelamatkan para relawan dan wartawan Indonesia yang turut menjadi korban dan terperangkap dalam tindakan sewenang-wenang Israel tersebut.[det/hidayatullah.com]

0 comments:

Post a Comment

-
-

Powered By Blogger